Rabu, 27 September 2017

Sumber Daya Manusia Berkualitas.

    September 27, 2017   No comments

Sumber Daya Manusia Berkualitas

Berkembang maju dan bertumbuh dengan pesatnya sebuah negara. Tidak hanya saja memiliki sumber daya alam yang berlimpah sudah cukup, tetapi harus dilengkapi dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas.
Contoh saja di negara Singapur, Jepang dan Jerman. Negara- negara tersebut berkembang dengan pesat dan begitu maju dalam kesaksian mata kita sendiri, bukan? Dengan adanya dunia serba digital dalam internetan. Setiap kita bisa menerima dan menyaksikan informasi- informasi perkembangan di dunia ini. Sehingga kita tidak ketinggalan zaman.
Sebenarnya, apa yang membuat manusia bisa menjadi berkualitas dan apa yang menjadi hambatannya? Berikut ini akan diuraikan, faktor- faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam pertumbuhan sumber daya manusia yang berkualitas:
a) Kemiskinan.
Dalam perkembangan dunia ini, uang merupakan salah satu sumber terpenting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Seperti di negara kita, masih ada juga dan banyak anak- anak yang hidup dalam kemiskinan di desa- desa, pelosok- pelosok tertentu. Mereka hidup aja susah dan untuk memperoleh pendidikan lebih sulit lagi. Sebuah negara yang maju, hal utama yang harus diperhatikan adalah pemberantasan kemiskinan.
Ini adalah upaya dari pemerintahan bagaimana mengelola sumber daya manusia sesuai dengan peluang sumber daya alam yang ada. Serta membuka lapangan kerja bagi penduduk yang masih dalam keadaan miskin, bukan?
Seperti di negara China, propinsi “hu nan” bagaimana pemerintah mereka membuka lahan pertanian, perkebunan untuk membantu penduduk yang hidup dalam kemiskinan. Sehingga setiap tahun, tingkat kemiskinan semakin berkurang dan hidup penduduknya semakin membaik dan sejahtera.
b) Pendidikan Dan Ketrampilan (Knowledge and Skill).
Namanya sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu pendukung terbesar terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas adalah pendidikan dan ketrampilan. Pada zaman sekarang ini, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih. Banyak mahasiswa yang belajar ke luar negeri, bahkan setelah lulus kuliah, mereka bekerja dan berusaha di luar negeri.
Negara kita sebenarnya mempunyai banyak anak- anak regenerasi sebagai penerus yang juga sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Bagi mereka yang mampu bersekolah tinggi di luar negeri, persentase untuk kembali ke Indonesia sangat minim sekali. Sebab, jika para mahasiswa telah memperoleh kelulusannya. Mereka kebanyakan bekerja di luar negeri, sebab hidup dan perkembangan dunia luar sana lebih baik, jika dibanding dengan negara asalnya. Apalagi dalam perselisihan mata uang negara.
c) Kepentingan.
Sebuah negara yang maju, akan mengupayakan kepentingan rakyatnya yang diutamakan. Jika rakyat dan masyarakat hidup semakin baik dan maju. Secara otomatis, tingkat kesadaran manusia akan kepentingan bersama dan kepentingan negara akan semakin bertumbuh.
Salah satu hal yang membuat kualitas sumber daya manusia semakin menurun adalah “keegoisan” dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bersama. Jika sesama kita hidup dalam kerukunan dan memetingkan kehidupan bersama. Maka, hidup kita akan semakin membaik dan bertumbuh sebagaimana mestinya. Di manapun kita berada, jika ada “Kasih” dan saling “memaafkan” serta memetingkan “kepentingan bersama”. Maka, betapa indahnya kehidupan kita dan juga termasuk kehidupan negara kita, Indonesia.
Demikianlah, faktor- faktor yang perlu kita ketahui untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jika, sumber daya manusia semakin berkualitas diiringi dengan sumber daya alam yang berlimpah di negara kita, maka negara kita akan menjadi negara yang maju dan makmur berlipatganda.

Penulis : Mago Tigi


Previous
Next Post
Tidak ada komentar:
Write komentar

© 2014 Coretanku. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.